Bahaya Sofa Yang Tidak Pernah Dibersihkan Bagi Kesehatan

Bahaya sofa yang tidak pernah dibersihkan bagi kesehatan dapat menyerang siapa saja. Sofa yang diletakkan di ruang tamu, 

ruang keluarga atau ruangan lain tentu saja merupakan area yang sering digunakan untuk berinteraksi sehingga sangat riskan dengan berbagai kotoran seperti debu, keringat hingga kuman. Melakukan penataan letak sofa yang sesuai dengan desain dan fungsinya saja tidaklah cukup. Agar selalu nyaman digunakan, kebersihan sofa haruslah selalu terjaga.

Berbagai bahaya sofa yang tidak pernah dibersihkan bagi kesehatan

Sofa yang kotor dapat dilihat dari beberapa indikasi antara lain: permukaannya sudah terasa lengket saat dipegang, terdapat warna yang memudar di beberapa area sofa hingga munculnya serangga, kutu atau hewan lainnya muncul dari balik sofa bagian dalam. Sofa yang sangat jarang dibersihkan bahkan saat ada cairan yang tumpah menyebabkan sofa menjadi lembab akan mengundang berbagai hewan khususnya serangga untuk singgah di dalamnya. Selain memiliki dampak buruk dan terlihat sangat mengerikan, adanya hewan di dalam sofa juga akan merusak kerangka bahkan lapisan dalam sofa sehingga membuatnya tidak awet dan sangat cepat rusak.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah bahaya sofa yang kotor bagi kesehatan yang dapat dirangkum:

  • Pilek

Karena setiap hari digunakan, seofa tak akan terlepas dari yang namanya debu. Debu akan menempel dan bertambah setiap harinya. Apalagi jika sofa dalam keadaan lembab dan jarang dibersihkan dan dijemur, maka akan ada banyak tungau yang bersarang di dalam spons sofa atau bahkan kain pelapis di dalam sofa. Tungau merupakan hewan dengan ukuran yang sangat kecil karena tergolong dalam mikro-organisme yang menjadikan sel kulit mati sebagai sumber makanan utama.

Tungau senang hidup di area berdebu dan lembab termasuk pada sofa yang jarang dibersihkan. Semakin kotor kondisi sofa, maka akan semakin pesat pula perkembangan tungau. Adanya debu yang berdampur dengan tungau dapat menyebabkan orang yang duduk atau berbaring di atas sofa tersebut terserang pilek. Debu akan menempel pada dinding hidung saat bernafas sehingga bersin berkelanjutan penyebab pilek tak dapat dihindarkan.

  • Ashma

Debu dan tungau pada sofa yang jarang dibersihkan tidak hanya dapat membuat seseorang terkena pilek. Yang lebih parah, debu serta tungau juga dapat membuat seseorang terjangkit penyakit saluran pernapasan salah satunya ashma. Hal ini dikarenakan debu dan tungau akan membuat orang yang berada di area sofa kesulitan bernafas dan menyebabkan ashma meskipun tidak ada riwayat ashma sebelumnya. Akan sangat berbahaya bagi orang yang sudah memiliki riwayat ashma untuk duduk atau berbaring di area sofa yang kotor, karena ashma kemungkinan besar akan kambuh. Bahaya tungau di sofa tak hanya membuat risih saja namun juga berdampak sangat buruk bagi kesehatan pernapasan.

  • Berbagai alergi

Selain debu dan tungau, sofa yang kotor juga mengandung berbagai bakteri karena bersinggungan langsung dengan kulit yang berkeringat. Tentu saja kotoran yang terus menerus bertambah setiap hari namun tidak dibersihkan akan membuat penghuni rumah terkena berbagai alergi.

  • Eksim

Bahaya sofa tidak pernah dibersihkan untuk kulit juga tak kalah mengerikan. Kulit sensitif akan memberikan respon secara cepat sesaat setelah duduk di sofa yang kotor. Karena banyaknya debu, bakteri dan juga tungau, kulit akan menjadi gatal-gatal dan memerah. Permukaan kulit tersebut akan semakin terasa gatal dan akhirnya mengeluarkan cairan, inilah yang disebut eksim. Eksim akan membuat kulit yang semula normal dan mulus jadi memiliki banyak bercak dengan bekas yang sulit dihilangkan.

Jangan biarkan kesehatan Anda dan keluarga terganggu hanya karena sofa yang jarang dibersihkan atau dicuci sehingga banyak kotoran seperti debu hingga tungau menempel dan hinggap. Berbagai bahaya sofa yang tidak pernah dibersihkan bagi kesehatan dapat dihindari dengan membersihkan sofa secara rutin baik di rumah atau gerai pencucian sofa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top