Cara Menghilangkan Noda Hitam Pada Sofa Kain Dengan Mudah

Cara menghilangkan noda hitam pada sofa kain yang berasal dari berbagai tumpahan seperti saus,

kecap hingga es krim dapat dilakukan sendiri di rumah. Memiliki sofa yang cantik dengan warna dan desain sesuai selera pastilah merupakan dambaan bagi sebagian besar orang. Namun cantik saja tidaklah cukup. Sofa juga harus bersih supaya sedap dipandang dan nyaman digunakan. Apalagi sofa yang terbuat dari bahan kain, berbagai kotoran seperti yang disebutkan di atas dapat tiba-tiba muncul. Noda saus, kecap hingga es krim akan menjadi noda permanen apabila tidak secepatnya dibersihkan.

cara menghilangkan noda hitam

Cara menghilangkan noda hitam pada sofa kain tanpa merusak bahan

Lakukan beberapa tips dan cara menghilangkan noda di sofa kain dengan benar dan mudah berikut ini:

1. Membersihkan daerah yang terkena noda saja

Saat ada tumpahan jus, sirup, saus, kecap atau es krim pada sofa, janganlah panik. Noda yang jatuh ke permukaan sofa kain tersebut tetap akan meninggalkan bekas jika hanya dibersihkan dengan kain lap atau tisu saja. Jangan membuat noda menjadi semakin melebar dan fokuslah saja dengan area dimana noda tersebut berada. Segera saja bersihkan dan keringkan noda dengan lap, ingat ya, hanya area noda dan jangan melebar ke bagian sofa lainnya. Biarkan sofa dalam keadaan kering. Jika dibiarkan terlalu lama dalam kondisi basah atau lembab, sofa akan mudah cepat karena akan berpengaruh terhadap kerangka kayu dan kainnya.

2. Menghindari cairan pembersih

Perlu diingat, apabila sofa tidak terkena cairan tinta atau cat yang memang sangat sulit untuk dihilangkan, janganlah terbiasa untuk menggunakan cairan pembersih saat menghilangkan noda pada permukaannya. Cairan pembersih mengandung bahan kimia dan senyawa dengan formula yang sangat keras. Kandungan ini memang akan membersihkan namun juga sekaligus akan merusak serat kain. Area noda yang dibersihkan dengan cairan pembersih justru akan terlihat memudar dan berbeda dengan area lainnya. Apalagi cairan pembersih sofa kulit yang kandungan kimianya lebih tinggi. Jangan aplikasikan cairan ini terlebih pada sofa kain dengan noda non cat atau tinta.

3. Membersihkan dengan detergent dan cuka secara berulang

Langkah pembersihan yang efektif dapat dilakukan dengan menggunakan detergen serta cuka. Kombinasi bahan ini cocok dana man bagi sofa kain. Caranya sangat mudah, setelah noda dilap dan dikeringkan, ambilah air hangat kemudian campurkan detergen dan aduk sampai berbusa. Gunakan kain lembut lalu basahi larutan tersebut untuk membersihkan area sofa yang terkena noda. Gosoklah perlahan dengan gerakan memutar. Agar nodanya hilang dengan sempurna, ulangi langkah ini hingga sofa benar-benar terbebas dari noda. Jika noda masih sulit hilang, aplikasikan cuka dengan gerakan menggosok yang lembut.

4. Mengeringkan sofa dengan vacuum cleaner

Cara membersihkan noda hitam pada sofa kain yang selanjutnya adalah mengeringkan sofa khususnya pada area yang terkena noda dengan vacuum cleaner lalu dijemur sebentar sampai benar-benar kering agar sofa bagian dalamnya tidak lembab dan mengeluarkan bau apek.

5. Menggunakan pembersih kuku

Langkah yang satu ini dilakukan hanya jika sofa terkena noda membandel seperti cat atau tinta. Sebaiknya tetap jangan gunakan cairan pembersih namun aplikasikan pembersih kuku yang mengandung aseton. Tuanglah sedikit aseton pada kain lalu usap sambal gosokkan perlahan pada area sofa yang terkena noda lalu keringkan.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai cara menghilangkan noda hitam pada sofa kain yang mudah untuk dilakukan dan tidak akan merusak bahan pelapis sofa. Sofa yang bersih tentunya akan memberi rasa nyaman bagi penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top